Memahami dan Menggunakan Berbagai Macam Efek Teks Pada Microsoft Word

Memahami dan Menggunakan Berbagai Macam Efek Teks

Materi TIK 

#Tik

image for miscrosoft word

Memberikan efek khusus pada teks yang ada di dokumen dilakukan untuk memperindah dokumen maupun untuk memberikan kesan khusus pada teks tertentu. Untuk memberikan efek khusus pada teks yang kamu inginkan, simak cara berikut ini;

1. Pilihlah teks yang ingin kamu beri efek khusus,
2. Dari menu Format, klik Font. Kotak dialog akan ditampilkan.
3. Klik tab Font,
4. Pada bagian Effect, pilihlah efek yang kamu inginkan untuk diberikan pada teks yang sudah kamu pilih. Penjelasan efek yang akan diberikan bagi masing-masing pilihan akan dijelaskan nanti.
5. Setelah itu, kamu tinggal klik OK.

Berbagai macam jenis Effect pada teks, yaitu;

a. Striketrough, akan memberi garis tengah pada teks yang kamu pilih. Contohnya ialah Striketrough.

b. Double striketrough, akan memberi garis tengah ganda pada teks/ paragraph yang sudah kamu pilih. Contohnya double striketrough.

c. Superscript, akan menaikkan teks setinggi setengah huruf, biasanya digunakan untuk membuat pangkat dari sebuah bilangan. Dapat juga dijalankan dengan menekan tombol Ctrl, Shift, dan (+) sekaligus. Contoh hasilnya ialah B2 = A2 + B2

d. Subscript, subscript akan menurunkan teks setinggi setengah huruf. Biasanya digunakan untuk penulisan rumus dan kata ilmiah. Contoh hasilnya ialah FAksi = FReaksi

e. Shadow, memberi efek bayangan pada teks.

f. Outline, menampilkan kerangka teks yang dipilih.

g. Emboss, akan memberi Effect berupa teks yang menonjol sehingga akan berbeda dari teks yang lainnya.

h. Engrave, akan memberi Effect seolah-olah teks yang kamu pilih merupakan hasil ukiran, kebalikan dai efek Emboss.

i. Small Caps, akan mengubah teks yang kamu pilih menjadi huruf capital, namun dengan ukuran yang berbeda.

j. All Cpas, akan memberikan semua huruf yang kamu pilih dari teks menjadi huruf capital semuanya. Walaupun pada awalnya huruf tersebut adalah huruf kecil.

k. Hidden, akan menyembunyikan teks yang dipilih sehingga tidak akan terlihat walaupun teks tersebut sebenarnya ada. Efek Hidden digunakan untuk memberikan catatan atau komentar dalam dokumen yang tidak inign ditampilkan pada saat dokumen dibuka, maupun saat dokumen dicetak.

Baca juga; *. Kumpulan Soal-soal Ujian SMP Tahun 2018 Terbaru


Nah itulah sedikit pembahasan tentang efek pada berbagai teks. Untuk mendapatkan artikel lainnya, silahkan kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau artikel yang ada di sidebar blog ini.

Dan terimakasih!...

0 komentar