10 Tips Gampang Mendapat Nilai Tinggi Saat Ulangan Dalam Pelajaaran Apapun

Cara Gampang Mendapat Nilai Tinggi Saat Ulangan

Dijamin Berhasil Tanpa Nyontek!

10 Tips Gampang Mendapat Nilai Tinggi Saat Ulangan Dalam Pelajaaran Apapun
Setiap pelajar pasti sangat ingin untuk mendapatkan nilai tinggi saat ulangan. Baik itu ulangan harian maupun mingguan.

Tetapi terkadang keinginan itu hanyalah keinginan, tidak ada usaha yang dilakukan untuk mendapatkan nilai tinggi tersebut.

Ada juga yang sudah belajar dengan sungguh-sungguh, namun nilai yang didapatkan masih saja tidak memuaskan. Oleh karena itulah sebenarnya belajar saja tidak cukup untuk meraih nilai yang tinggi.
Nah dikesempatan kali ini, saya akan berbagi 8+ tips yang mudah untuk dilakukan agar mendapat nilai tinggi saat ulangan.

Tipsnya gampang dilakukan kok! Nggak ribet dan kamu bisa melakukannya tanpa tergesa-gesa. Jadi kamu tetep bisa santai untu mendapat nilai tinggi saat ulangan.
Ok! Simak sampai tuntas ulasannya,

1. Niat


Jangan anggap  niat itu tidak penting, inilah bekal  pertama yang harus  kamu miliki. Mungkin saat ini kamu hanya belajar secara terus menerus untuk mendapat nilai tinggi, namun didalam hatimu tidak ada niat sedikitpun untuk dapat nilai yang tinggi.

Mereka yang sukses mandapat nilai tinggi pasti sudah memiliki niat yang kuat dan mantap, oleh karena itulah mereka dengan mudah meraihnya.

Agar kamu punya niat yang kuat dan tegar, kamu harus punya keyakinan yang memang membuat kamu yakin 100% bisa meraih nilai yang tinggi. Katakan pada dirimu sendiri bahwa ”Aku yakin bisa mendapatkan nilai yang tinggi!”, dengan bekal niat yang kuat, saya yakin kamu akan dengan mudah mendapatkan nilai yang tinggi.

Tapi ingat, kamu harus tetap belajar dan bersungguh-sungguh dalam belajar agar mendapat nilai yang tinggi.

Jika kamu sudah ada niat untuk mendapatkan nilai tinggi, maka tinggal ikuti tips berikutnya.

2. Perhatikan ketika guru menjelaskan


Ini juga penting. Jika ingin mendapatkan nilai yang tinggi, kamu memang harus memperhatikan guru ketika ia menjelaskan pelajaran.

 Jangan bermain-main atau bercerita dengan teman sebelah ketika guru menjelaskan pelajaran, selain terkena cap oleh guru sebagai murid yang peribut, kamu juga akan rugi sekitar 75% dari materi pelajarannya.

Mungkin ada guru yang tidak kamu suka, entah itu karena metode pengajarannya atau karena hal lainnya.

Tapi ingat, bagaimanpun sikap gurumu ia adalah orang yang memberimu ilmu pengetahuan. Jadi kamu harus tetap hormat dan memparhatikan penjelasannya dengan seksama dan serius.

Jika kamu tidak terbiasa memperhatikan guru ketika menjelaskan, mungkin pertama kali mencoba tips ini kamu akan merasa sangat bosan dan ngantuk sekali. Tapi kamu jangan membiarkan sifat ini terus menerus membuatmu malas untuk memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran.

Kamu harus mencoba tips yang satu ini, jangan menyerah ketika bosan dan kesal atas apa yang disampaikan oleh gurumu. Ayo bersemangat!

3. Sering menjawab pertanyaan


Pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran, ya. Mungkin ada banyak temanmu yang bingung dan belum paham dari apa pelajaran yang dibahas.

Nah, jika ada teman yang bertanya kepada kamu, dan kamu tahu penjelasannya maka jawablah dengan jelas dan sampai tuntas.

Mengapa? Nah disinlah sebenarnya kemampuan pemahanmu diuji sekaligus kembali mengingat yang telah lalu. Sering-seringlah untuk menjawab pertanyaan dari orang lain, baik dari  teman ataupun gurumu. Nanti secara tidak sadar kamu akan mudah untuk mengingat dan tidak mudah lupa.

Ada banyak keuntungan yang kamu peroleh ketika menjawab pertanyaan dari orang lain,
diantaranya,

Yang jelas menambah pahala
Secara tidak sengaja, kamu telah menolong orang lain
Menambah rasa percaya diri karena sering menjelaskan
Kamu akan dianggap sebagai orang yang pintar dan baik oleh temanmu
Semakin sering kamu menjawab, semakin hebat yang kamu ingat
Lama kelamaan, kamu akan menjadi sosok yang paling pandai menjelaskan

Satu hal yang harus kamu ingat, jangan setiap saat hanya menjawab pertanyaan dari orang lain, sesekali kamu harus memberi dan melontarkan pertanyaan kepada orang lain.
Hal ini untuk menghindari sesuatu yang buruk bagi kamu, karena nanti kamu akan dianggap sebagai orang yang sombong karena hanya menjawab pertanyaan saja tanpa mau balik bertanya.

4. Bertanya kepada diri sendiri


Ini juga cara jitu buat kamu, loh! Tapi ingat, kamu harus tau tempat dan waktu untuk hal ini. Jangan sampai ketika kamu berada di keramaian, terus kamu ngomong-gnomong sendiri. Hi………nanti kamu disangka gila!

Tips ini bisa kamu lakukan ketika kamu duduk sambil nunggu jemputan, nah mulai deh aksinya. Tapi didalam hati aja ya! Ini deh contoh simpelnya ;

Saya : “apa itu Cerpen?” (didalam hati)
Saya : “oh iya, cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk cerita namun     ceritanya pendek ” (dalam hati)

Mudahkan? Kalau kamu melakukannya setiap hari, dijamin kamu akan menjadi orang yang tidak mudah lupa sekaligus menambah kecerdasan otak. Tapi, jangan itu-itu aja ya materi yang dibahas.

Saya sendiri sering melakukan hal ini dimanapun, ketika ingat materi yang dipelajari disekolah, langsung mulai bertanya kepada diri sendiri apa isi materi dan penjelasannya.

Yang seru adalah ketika kamu melakukannya saat hendak tidur malam, jadi sebelum tidur kamu bisa bermain tanya jawab dengan dirimu sendiri dikamar.

Saat sudah selesai, pasti ada rasa lega dan senang didalam hati. Nah yang menguntungkan adalah ketika kamu akan menghadapi ulangan, kamu nggak perlu mempelajari ulang materi dari awal bab, cukup dengan tanya jawab aja.

Mudahkan?  Makanya ayo biasakan!

5. Jangan sombong


Eitsss….. walaupun kamu sudah punya bekal materi yang kamu ingat di otak untuk menghadapi ulangan, jangan merasa bangga lalu sombong. Ingat kamu berhasil mendapat nilai tinggi bukan karena kesombonganmu, melainkan dengan sikap rendah hatimu.

Bersikaplah rendah hati dan biasa-biasa saja didepan teman-temanmu, jangan sekali-kali megumbar kesombongan kepada mereka. Itu akan membuat mereka kesal dan jengkel atas apa yang telah kamu lakukan.

Jadi tetaplah bersikap yang baik dan jangan sombong, supaya nanti apa yang kamu cita-citakan berhasil kamu raih dengan sempurnya.

6. Fokus ke pelajaran


Mungkin ini salah satu penyebab kamu sering gagal ketika ingin mencapai nilai tinggi, ya kamu tidak fokus ke pelajaran.

Jangan bangga dulu jika kamu telah bersusah payah belajar untuk menghadapi  ulangan, kamu berfikir akan mendapat nilai yang tinggi?

Tidak juga, percuma jika kamu menguasai semua materi tetapi kamu tidak fokus ke pelajaran. Bingung? Maksudnya fokus ke pelajaran adalah tidak memikirkan hal-hal yang tidak penting ketika kamu belajar.

Apa contohnya?

Mikirin “Ibu di rumah masak apa ya?”
Ketika sedang belajar, kamu ingin cepat keluar buat beli jajan dikantin
Kamu mikir nanti sepulang sekolah mau ngapain? Ngapain ya?

Nah hal-hal seperti itu jangan dibiasakan ketika kamu sedang belajar. Kamu harus bisa menghilangkan kebiasaan ini mulai saat ini, ingat otak kita akan fokus lebih baik ke satu hal daripada banyak dal dalam satu waktu.

7. Jangan mencontek


Udah juju raja, kamu pernah kan? Sama dong! Saya juga pernah. Eiitss… jangan bangga ya, ini nggak bagus loh!

Buat kamu yang sering mencontek, mulai sekarang nggak usah lagi deh! Itu merugikan bukan menguntungkan.

Dengan mencontek, berati kamu telah mencontoh ide orang lain. Pasti kamu nggak suka kan kalau idemu di contoh orang lain?

Oleh karena itu, mulai saat ini hilangkan kebiasaan mencontek pada teman-temanmu. Karena itu tidak akan membuatmu menjadi lebih pintar, malah akan membatmu menjadi orang yang kurang percaya dengan kemampuan sendiri.

Kamu akan benar-benar rugi jika mencontek jawaban teman, ayo hilangkan kebiasaan mencontek mulai dari sekarang!

Kamu pasti bisa kok! Pasti bisa!

Baca juga: Download Soal UNBK 2018 SMP Terbaru

8. Jangan lupa jadwal ulangan


Kamu pasti pernah mengalami hal ini kan? Santai-santai datang ke sekolah, tiba-tiba teman ngasih kabar bahwa nanti akan ulangan Matematia bab 5. Hah?

Pasti kamu akan kelabakan untuk membuka buku dan membacanya dengan perasaan yang tidak tenang, tergesa-gesa, dan serba bingung.

Padahal, guru sudah menyampaikan satu minggu yang lalu. Bahwa hari ini akan ada ulangan Matematika bab 5, berati kamu yang lupa.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari hal sperti ini. Karena tidak bagus untuk dirimu dan otakmu. Bagaimana tidak, otakmu akan dipaksa untuk menghafal materi untuk menjawab soal ulangan, Matematika lagi?

Tapi bagaimana caranya?

Buat buku daftar Ulangan

Buatlah buku kecil khusus untuk mencatat jadwal ulangan. Baik ulangan minggu ini atau minggu depan. Kamu bisa membuatnya sebagus mungkin agar lebih keren dan indah.

9. Menjadi orang yang siap siaga


Jika kamu telah melakukan semua cara diatas, bukan tidak mungkin gurumu akan memberikan ulangan secara mendadak. Nah inilah gunaya tips No. 8.

Dengan menjadi orang yang selalu siap, berati kamu nggak akan ngeluh saat ada ulangan mendadak. Dan kamu juga nggak akan kelabakan untuk belajar saat ulangan mendadak, sedangkan teman-temanmu akan kalang kabut dengan apa yang disampaikan.

Tapi, bagaimana caranya?

Sering belajar di rumah saat waktu senggang
Kamu harus punya jadwal belajar khusus
Kamu rajin membaca buku

Dan kamu juga akan dinilai bagus oleh gurumu, sebagai pelajar yang tahan banting saat ada ulangan mendadak.

10. Jangan lupa berdoa dan selalu berdoa!

Ini juga penting untuk kita semua. Jangan lupa untuk berdoa agar Kamu selalu diberikan kemudahan untuk belajar dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Berdoalah dengan khusyuk ketika sudah sholat (bagi yang muslim). Berdoalah dengan etika yang baik, maka kamu akan menjadi lebih baik, tenang dan nilai ulangan semoga lebih bagus.

Lakukan ini setiap hari dan lakukan secara terus menerus. Kan kita akan lebih baik kalau berusaha sambil berdoa. Iya kan?s

Kamu hebat!

Kesimpulan :


Kamu bisa melakukan tips diatas sesuai kemauan kamu, tidak ada paksaan untuk melakukannya. Tapi ingat kata pepatah “Ala bisa karena biasa”, itu berati jika kamu ingin sukses kamu harus terbiasa melakukannya.

Semua keberhasilan berada ditangan kamu, jadi mulai sekarang ayo semangat dalam belajar untuk bekal di masa depan.




GOOD LUCK!!!

0 komentar