Penjelasan tentang Descriptive Text Terlengkap

Belajar Bahasa Inggris Mudah

Pengertian Descriptive Text, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri,dan Contohnya Lengkap Terbaru

#B. Inggris


Sebelum lanjut, izinkan Saya untuk menceritakan pengalaman waktu pertama kali belajar Bahasa Inggris.

Pertama kali bertemu dengan pelajaran Bahasa inggris adalah ketika saya masih kelas 3 SD. Waktu itu Saya dikenal sebagai murid yang sangat pintar (nggak nyombong ya!. Karena Saya selalu mendapat peringkat satu di kelas tanpa harus mempelajari pelajaran yang sebelumnya.

Jadi ketika anak-anak yang lain ketika mau ujian akhir semester pada belajar, beda dengan Saya. Saya tidak pernah belajar sama sekali pada waktu itu. Ajaibnya, ketika ujian, pasti saya yang selesai duluan dan mendapatkan nilai tinggi.

Baca juga ; *. Cara Paling Wusss Ngerjain Tugas Sekolah Cuma 5 Menit

                    *. Kumpulan Soal Ujian Ipa SMP Tahun 2018 Terbaru

Itu hampir seluruh mata pelajaran.

Sekarang beda lagi ceritanya, jangan nggak belajar, kadang belajar aja nilai saya kurang memuaskan (nilai 80an).

Namun dari dulu kelemahan Saya memang belajar Bahasa Inggris itu susah banget masuknya. Saya bakal inget banget, mulai dari kelas 3 SD-1 SMP, itu saya bebel bangetlah kalau belajar Bahasa inggris.

Pernah dulu, Saya ada latihan harian. Ketika latihan itu diberikan kepada kami semua, yakni teman satu kelas. Kami langsung mengerjakannya dengan semangat dan lumayan cepat.

Begitupun Saya, akan tetapi Saya mengerjakannya dengan sembarangan isi saja. Saat tiba dikumpul, lalu dikoreksi oleh teacher (panggilan guru Bahasa Inggris kami) setelah itu dikembalikan kepada masing-masing pemilik buku.

Saya telah mendapatkan buku latihan Saya. Tertera disitu tulisan Poor!!! . Saya awalnya tidak mengetahui apa artinya kata tersebut, jadi Saya sangat gembira sekali pada waktu itu.

Namun, setelah beberapa hari kemudian, rasa penasaran Saya untuk mengetahui arti kata tersebut sudah tidak dapat di tahan lagi. Hingga cepat-cepat saya buka kamus lalu mencari kata Poor.

Setelah tahu artinya, Saya malu minta ampun dan tertawa geli kepada diri sendiri. Pasti kamu tahu artinya kan?

Semenjak hal itu, Saya mulai giat untuk belajar Bahasa Inggris. Dan ketika dulu naik di kelas 2, alhamdulillah ada banyak perubahan pada nilai Bahasa Inggris Saya. Seperti mendapat nilai 90 ketika Ujian.

Oke terimakasih kepada kalian yang mau menyimak kisah Saya diatas.
Sekarang kita masuk ke Topik Utama,

A. Pengertian Descriptive Text


Teksa deskriptif adalah teksa yang menjelaskan tentang gambaran seseorang atau benda. Lalu apa tujuannya? Tujuannya ialah untuk menjelaskan atau menggambarkan serta mengungkapkan orang (manusia), benda dan bisa juga tempat.

Untuk lebih jelasnya, teks deskriptif ini biasanya berisi suatu teks yang menjelaskan tentang suatu objek. Contohnya nih, Kamu mendeskripsikan temanmu, namanya siapa, tinggi badannya berapa cm, makanannya apa, kulitnya berwarna apa, dan sifat atau karakteristik lainnya.

B. Struktur Descriptive Text 


a. Identification (identifikasi)

Yaitu penjelasan awal (pendahuluan), biasanya bisa beupa gambaran mengenai suatu topik.

b. Description (deskripsi)

Description berisi tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh objek yang dideskripsikan. Misalnya ciri-ciri khusus kucing di rumahmu. Mulai dari warna bulunya dan deskripsi lainnya.

C. Ciri-ciri Descrptive Text 


a. Descriptive text hanya focus menjelaskan suatu objek yang dideskripsikan, tidak memuat hal lainnya. Misalnya Kamu mendeskripsikan kucing peliharaanmu, maka hanya focus kepada apa ciri-ciri yang kucingmu miliki.
b. Descriptive text menggunakan attribute verb, misalnya seperti be (am, is dan are).
c. Descriptive text menggunakan simple present tense.

D. Contoh Descriptive Text


Contoh descriptive text ini Saya mengambilnya dari belajarmudahbahasainggris.com.

Image result for jakarta

1. The National Monument (or Momument National) is a 132 meters tower in the center of Merdeka square, Centeral Jakarta. It symbolizes the fight for Indonesia’s independence.The Monument consist of a 117,7 m obelisk on a45 m square platform at a height of 17 m.

The towering monument symbolize the philosophy of Lingga and Yoni. Lingga resembles, rice pestle (alu)  and Yoni resembles a mortar rice (lesung), two important items in Indonesian agricultural tradition.

The conduction began in 1961 under the direction of president Soekarno dan the Monument was opened to the public in 1975. It is topped by a flame covered with gold foil.

The monument and museum is opened daily from 08.00-15.00 every day troughout the week, except for the las Monday of the month the monument is closed.

2. Prambanan Temple



Prambanan is the largest Hindu temple compound in central Java in Indonesia, located approximately 18 km east if Yogyakarta. It characterised by its tall and pointed architecture, typical of Hindu temple architecture, and bya the 47 m high central buiding inside a large complex temples.

It was built around 850 CE by either Rakai Pikatan, King of the second Mataram Dynasty, or Balitung Maha Sambu, during the Sanjaya Dynasty.

Not long after its contructio, the temple was abandoned and began to deteriorate. Reconstruction of the compound began in 1918.

The main building was completed in around 1953.

Nah itulah sedikit penjelasan, mengenai Descriptive text. Mulai dari pengetian, tujuan, ciri-ciri, struktur, dan contoh dari Descriptive text.

Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Good day…

0 komentar