surat dinas resmi yang benar


Apa Itu Surat Dinas?Contoh Surat Dinas yang Bagus Mengenai Pariwisata Untuk Kegiatan Study Tour


#Surat Menyurat

Surat adalah salah satu media yang masih sering dipakai untu beberapa hal yang menyangkut denga suatu hal penting. Misalnya berkirim kabar, surat yang berkaitan dengan Pendidikan, dll.

Tapi penggunaan surat sudah mulai sangat berkurang di zaman sekarang ini. Karena orang lebih memilih untuk berkomunikasi dengan jaringan internet yang semakin meluas dan biaya transaksi yang lumayan murah.

Beda dengan zaman dahulu. Dimana surat menjadi bagian yang sangar penting bagi setiap individu. Baik itu untuk bertanya kabar, menyanyakan keadaan seseorang dan lain sebagainya.

Zaman dahulu surat yang telah dikirim tidak langsung sampai ke tangan si penerima. Melainkan bisa sampai menempuh waktu berhari-hari, berminggu-minggu, dan bahkan berbulan-bulan. Itulah sengsaranya orang zaman dahulu, yang mana untuk menanyakan keadaan keluarga, seseorang memerlukan waktu yang sangat lama.

Terkadang keluarga kita yang telah tiada pun akan diketahui setelah beberapa lama ia meninggal dunia. Keadaan seperti ini banyak dialami oleh orang  yang hidup di zaman 1945 keatas.

Nah sedikit cerita nih dari keluarga saya, sekitar tahun 1960 an. Begini ceritanya waktu itu, pas mbah dari bapak saya (orang tuanya bapak saya) dan keluarga besarnya pindah dari pulau Jawa ke pulau Sumatra.

Nah waktu itu, Bapak saya dan saudara/ saudarinya belum pada lahir. Namun, mbah saya telah memiliki satu anak Perempuan. Yang mana, anak tersebut ketika di dalam kapal berkondisi yang memprihatinkan. Apalagi kalau bukan sakit, ya beliau mengidap banyak sekali penyakit ketika di dalam kapal.

Mereka pindah ke pulau Sumatra untuk merantau dan ingin merubah nasib hidupnya kelak. Dan dengan harapan yang besar, yaitu bisa memiliki keturunan nantinya di sana.

Semakin hari, kondisi anak mbah saya tersebut semakin memburuk. Dan hingga pada akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhirnya ketika di dalam kapal. Dan pihak keluarga yang berada disitu merasa sangat kebingungan.

Kebetulan kapal sudah mendekati daratan, sehingga proses pemakaman bisa berlangsung cepat.
Setelah proses pemakaman selesai, mbah saya menulis surat di secarik kertas untuk memberitahukan keluarga di Wonogiri bahwa anaknya telah tiada. Dan setelah Surat itu dikirim, satu bulan kemudian, barulah mbah saya menerima balasan dari pihak keluarga yang jauh tersebut.

Itu contoh cerita tentang pahitnya orang zaman dulu, yang harus sabar menunggu kabar dari keluarga ataupun kerabat lainnya.

Baca; .* Kumpulan Soal Ujian Ipa SMP          

           .* Rumus Lingkaran Terlengkap dan Disertai Soal


Namun, beda lagi dengan zaman sekarang. Di zaman sekarang ini, seseuatu lebih kepada hal yang serba cepat dan praktis. Orang lebi cenderung melakukan suatu hal yang agak terkesan lama.

Orang yang membutuhkan informasi akan sangat mudah mendapatkannya. Dimana hanya dalam hitungan  waktu kurang dari 1 menit saja, seseorang akan mendapatkan banyak sekali iniformasi yang ia inginkan.

Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang sangat pesat. Mereka yang hidup di zaman ini sangatlah beruntung. Karena akan mendapatkan seseuatu yang cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dan itulah sedikit tentang surat menyurat. Sekarang kita masuk ke topik utama ya sahabat! Yaitu kita akan belajar membuat surat Dinas yang Resmi. Disini saya mengambil tema tentang pariwisata.
Sebelum itu, ada baiknya kita mengenal dan memahami struktur kepenulisan surat dinas ini.

Image result for surat dinas

Oke langsung saja ini detailnya;

a. Kepala surat (Kop surat)
b. Tanggal surat
c. Nomor surat
d. Lampiran
e. Hal/ halaman
f. Alamat tujuan
g. Salam pembuka
h. Isi surat
i. Jabatan pengirim surat
j. Tanda tangan pengirim surat
k. Nama pengirim surat

Nah selain menggunakan Bahasa yang baku dan beberapa hal diatas, yang harus sahabat perhatikan adalah kejelasan isi maksud surat dan keterangan lainnya. Dalam hal ini, maksud dari surat yang sahabat buat dapat berisi atau berupa undangan, panggilan, jawaban, penawaran kerja sama, dan hal lainnya.

Oke sahabat, ini dia contoh suratnya ;

Panitia Study Wisata SMP 2 Simatupang
Aek Kanopan Jl. Mauliate No.9 Aek Kanopan

                                                         Aek Kanopan, 21 januari 2018

Nomor     : 14/Aek-K/XII/2018
Perihal     : Permohonan Kerja Sama dengan dinas Pariwisata Untuk Studytour
Lampiran : -

Yth, Dinas pariwisata Medan Jaya Aek Kanopan di tempat,          

Dengan hormat,

Mengingat akan kepentingan dan kebutuhan Studytour SMP 2 Simatupang, kami selaku penanggung jawab akan hal ini meminta untuk bekarja sama dengan Kedinasan Pariwisata Medan Jaya. Untuk kegiatan studytour akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Jumat – Minggu / 26 - 29
Tujuan            : Aek Nabara

Kami berharap agar Dinas Pariwisata Medan Jaya menyetujui dan menyanggupi atas permohonan Kerja sama ini.
Demikianlah surat ini di sampaikan untuk permohonan  kerja sama atas kegiatan Studytour SMP 2 Simatupang.


Mengetahui,                                                                                                    Penanggung jawab

tanda tangan                                                                                              tanda tangan



Korak lubis                                                                                                    Simanulang

Nah itulah contoh surat yang bisa sahabat gunakan untuk referensi membuat surat. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk sahabat semua!

Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Jika memang bermanfaat bagi sahabat, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke manapun ya!

0 komentar